Book Review: Tarot for Beginners

Untuk artikel kali ini, gw akan khusus membahas mengenai buku yang gw tulis rame2 dengan temen2 gw; yaitu “Tarot for Beginners: Belajar Mudah Bermain Tarot”. Secara singkat, buku yang diterbitkan oleh interprebook dan didistibusikan oleh Buana Ilmu Populer ini, ketimbang disebut buku yang berisi bagaimana belajar tarot dari A sampai Z, gw melihat buku ini lebih sebagai kumpulan artikel –berbagi pengalaman- masing2 penulis. Oleh karena itu, ketika teman2 membaca 7 topik pembahasan yang ditulis oleh 7 penulis, teman2 akan melihat berbagai pengulangan2 pembahasan di setiap babnya. Ini disebabkan karena memang masing2 penulis dibebaskan untuk menulis sesuai dengan tema umum yang sudah diberikan sebelumnya.

Sisi lain dari diberikannya ‘kebebasan menulis’, meskipun terdapat berbagai pengulangan, tulisan di masing2 artikel tersebut (apabila teman2 jeli), dapat memberikan sedikit gambaran dari karakter masing2 penulis. Dengan demikian, apabila teman2 ingin melihat bagaimana karakter2 penulis disaat mereka menjalankan profesinya sebagai tarot reader, kalian bisa mendapat petunjuk dari tulisannya masing2.

 

Berikut akan gw berikan gambaran dari masing – masing topic:

 

Dasar2 Belajar Tarot Bagi Pemula  oleh Dedy Darmawan

Well….., dilihat dari judulnya memang sudah pasti diketahui kalau topic ini membahas dasar cara belajar tarot dari 0. Kalau dirangkum, bagian ini membahas beberapa hal yang diperlukan untuk belajar tarot, bagaimana cara belajarnya yang umum dilakukan oleh sebagian tarot reader, kata kunci dari arti tiap kartu, dan penjelasan singkat mengenai tebaran kartu. Pada bagian ini, juga dijelaskan contoh – contoh kasus untuk setiap tebaran kartu.

 

Tebaran Kartu oleh Rendy Fudoh

Pada bagian ini, memang gw sendiri yang menulis. Dengan asumsi sudah pasti ada orang lain yang memberikan contoh pembacaan kartu tarot, maka dalam tulisan ini gw berfokus hanya ke tebaran kartu yang sering dipakai para tarot reader. Di bagian ini, gw sendiri membahas di awal tips – tips untuk membuat pertanyaan klien menjadi pertanyaan yang membangun dan nantinya mengarah kepada problem solving ketimbang hanya menebak – nebak layaknya peramal. Selain itu, gw juga membahas manfaat secara spesifik untuk tebaran 1 kartu dan 3 kartu, merancang tebaran sendiri berdasarkan pertanyaan klien, dan sebagai tambahan, gw juga memberikan contoh2 tebaran lainnya yang sering dipakai tarot reader professional. Di bagian ini, ada sedikit pengulangan terutama dalam pembahasan tebaran satu dan tiga kartu.

 

Tarot, Konseling, dan Identitas oleh Madam Arra

Pada bagian ini, Madam Arra, sebagai penulis membagikan pengetahuannya secara singkat mengenai pandangan public tentang tarot, asal – muasalnya , struktur deck tarot (pengulangan kembali dari topic sebelumnya) , serta bagaimana sebuah deck tarot dapat menjadi sarana konseling. Dalam tulisan ini juga terdapat pesan motivasi bagi orang2 yang ingin belajar tarot dan merasa tarot hanyalah untuk orang2 yg ‘berbakat’ saja. Selain itu, dalam tulisan ini, Madam Arra juga menekankan pentingnya membedakan identitas antara sebagai orang sehari – hari dengan menjadi tarot reader dengan alasan dan manfaat yang masuk diakal.

 

Tarot Cur-Hat oleh Boni Binoba

Untuk bagian ini, Boni sedikit CURHAT mengenai awal masa dia menjadi karyawan kantoran, kemudian menceritakan bagaimana dia menemukan metode Cur-Hat sebagai salah satu metode yang dia buat sendiri dan diterapkan dalam konseling dengan tarot sepanjang karirnya. Oleh Karen Tarot Cur-Hat merupakan suatu metode, maka dibeberkan pula fungsi, keunggulan, kekurangan, dan tips2nya. Tak lupa, dia juga memberikan alternative tebaran yang bisa pembaca gunakan apabila anda menggunakan metode cur-hat nya Boni ini.

 

Profesi Tarot Reader Sebagai Pilihan oleh Atarotboy

Pada bagian ini,, Atarotboy membagikan pengalamannya berprofesi sebagai tarot reader. Dia membeberkan sisi bagus (atau sisi enaknya menjadi tarot reader), dan juga berbagai tantangan yang dia dapatkan selama menjalankan profesi tersebut. Karena pada bagian ini sifatnya berbagi pengalaman, maka akan ada (lagi) pengulangan seputar apakah itu tarot berikut manfaat dari tarot reading itu sendiri. Hal yang unik yang gw temuin dari bagian ini adalah hitung2an penghasilan sebagai tarot reader yang apabila memang dijalnkan secara konsisten, it’s unbelievable HUGE!!!!

 

Tarot dan Bisnis oleh Deniya Patricia

Untuk bagian ini, inti pembahasannya tidak jauh dari topic yang ditulis Atarotboy sebelumnya yaitu berbagi pengalaman sebagai tarot reader dimulai dari bawah hingga seperti saat ini. Bedanya dibandingkan topic sebelumnya, topic ini lebih mengangkat dari sisi banyaknya event dan arti2 yang tertarik akan tarot reading. Topik ini merupakan satu2nya topic yang memasang banyak gambar sesuai dengan ‘ciri khas’ penulisnya itu sendiri.

 

Tarot, Simbol dan Pathway oleh Audifax

Dalam topic ini, Audifax membahas penggunaan kartu tarot sebagai proses dalam menemukan pathway setiap individu (klien maupun readernya sendiri), berikut menerangkan bagaimana simbol2 sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari – hari manusia. Dengan mempekakan diri terhadap berbagai symbol2 yang ditemukan sehari – hari, setiap orang dapat lebih mawas diri sekaligus waspada akan tan2 yang menghampiri hidupnya. Bagian ini juga membahas juga singkat contoh penggunaan tarot yang murni dalam kaidah psikologi.

 

Akhir dari review buku ini, gw mnyimpulkan 2-3 bab buku ini berisi pengetahuan singkat, padat, dan jelas bagi teman2 yang mau belajar tarot dari dasar; sementara sisanya berisi sharing pengalaman dari tarot reader yang sudah berkecimpung didunia professional yang sebenarnya berguna untuk memotivasi dan memberi gambaran bagi pembaca yang mempertimbangkan untuk berkecimpung didunia tarot reading professional.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: