Case Study: Stay or Move On ?

Case study kali ini gw dapatkan dari salah satu temen gw, sesama tarot reader,  Sari A Amila. Berikut uraian yang dy kirimkan ke gw:

Ko Rendy, ini salah satu kasus yg saya coba bacakan dari salah seorang teman. Waktu itu dia bingung soal pekerjaan. Orang tuanya mendorong supaya dia resign dari tempatnya bekerja (dia sudah bekerja selama 2 tahun di tempat tersebut), karena karirnya dianggap stagnan. Dia sendiri juga bingung, ingin menuruti kemauan orang tuanya tapi jg takut untuk gambling dengan futurenya sendiri. She fears to move on. 

Saya coba tebaran 3 kartu, dengan interpretasi dari masing2 kartu adalah sbb:
1. Current situation
2. Solution
3. Result

Kartu yg terbuka adalah:
1. Six of swords
2. Page of coins
3. Death

Saat itu saya menggunakan deck Modern Medieval tarot.

Pengertian saya mengenai kartu2 tersebut adalah:
1. Saat ini memang dia sedang dalam kondisi bingung, tp dalam kebingungannya sebenarnya dia memutuskan untuk move on. Meskipun arah yg dituju masih belum jelas. Six of swords juga bisa berarti leave something behind, and heading to unknown…

2. Solusi yg ditawarkan kartu adalah page of coins. Kalau ini saya menginterpretasikan lewat pendekatan dari buku panduan gilded tarot: page biasanya digambarkan punya cukup skill dan ready for the next level. Saya rasa di sinilah memang posisi dia. Selama ini dia sudah mencapai suatu titik tertentu dalam karirnya, yg mulai mentok. She’s ready for the new phase.

3. Kartu death menggambarkan akhir suatu siklus, dan awal dari sesuatu yg baru. Death adalah sebuah kartu yg menjanjikan, dimana bila ia bisa melewati fase “kematian” ini, akan ada lebih banyak yg bisa dia dapatkan dalam fase selanjutnya. 

 

Sebenernya uraian dari temen gw uda cukup lengkap, sehingga gw sendiri juga bingung mo ambil dari sisi mana lagi yah? Wekekekek. But here we go:

Current situation: 6 of swords

Yes, disini memang berarti ada indikasi harus meninggalkan kerjaan dia dan menyambut peluang baru meskipun masih blom jelas peluang seperti apa yang ada didepannya. Kenapa dia bisa takut? Sederhananya, sumber ketakutannya berasal terutama dari lingkungannya sendiri (teman2nya terutama) yang tanpa dia sadari memberi kontribusi akan rasa nyaman tersebut. Jadi, berbagai pikiran akan karir beberapa teman – temannya yang biasa – biasa aja, jarang yang pindah tempat kerja, sampai ada temannya yang tetap bertahan di tempat kerja yang sekarang meskipun uda ditindas / tidak dihargai lagi oleh atasannya itulah yang buat dia ketakutan. Ingat, kita mendapatkan apapun yang kita takutin di pikiran kita.

Bagian ini juga nunjukin temen Sari ini memang perlu ada orang yang mendorong/ memaksa dia untuk pindah. Bisa teman, pacar, ataupun tawaran dari perusahaan lain. Jadi kalau dibiarkan sendiri, memang motivasi dia untuk pindah sangat kecil.

Solution: Page of coins

Memang aslinya dia sudah siap untuk pindah ke tempat kerja baru. Hanya saja disini ada indikasi, untuk apply2 ke tempat baru aja dia masih ogah2an. Dengan berbagai alasan seperti sudah lelah, tidak cukup waktu, dan kurang berusaha dalam melihat peluang kerja yang ada diluar sana, maka sekali lagi memang dia perlu DIPAKSA untuk bergerak maju.

Result: Death

Kalau dia memang sudah pindah ke tempat baru, bisa dikatakan memang menjadi kematian dirinya yang lama dan kelahiran dirinya yang baru. Dalam kasus ini, apabila dia berhasil pindah ke tempat baru, rasa ketakutan dan kekhawatiran akan sesuatu yang tidak pasti saat pindah kerja akan bisa dia atasi, selain pada akhirnya dia lebih menghargai dirinya sendiri dan pergaulannya lebih luas, disini juga menunjukkan peningkatan karir yang signifikan dibandingkan karir sebelumnya yang stagnan.

 

Sekian tambahan dari sisi gw. Semoga membantu yah. :)

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: