First #FridayTarotTime, I Get: Ideas For Errata Tarot Combo Game Rules

tarot combo game cover

Overview Of The First Event

Ceritanya, karena gw sendiri dari pagi hingga jam 16.00 nya abis jaga stand tarot nya booth LightGivers di event retro bazaar di Grand Indonesia, jadinya gw memutuskan #FridayTarotTime kemarin diadakan di Grand Indonesia saja, tepatnya di cafe Dataran Tinggi agar tempatnya berdekatan dengan bazaar tersebut.

Bagaimana kesannya untuk event pertama? Jujur untuk gw sendiri mengatakan event pertama ini terbilang cukup berhasil. Cukup berhasil karena selain sharing beberapa hal dan membacakan tarot, ternyata gw juga pulang membawa banyak hal.

Apa yang terjadi di event pertama tersebut? Well, dari awal jam 17.00, gw sendiri iseng nongkrong dengan Russell Rich dan minta diajarin soal mainan Waving The Aces. Yes, itu permainan magic termasuk tinggi tingkat kesulitannya dan sampai sekarang pun gw masih agak kesulitan untuk mengingat urutan permainannya seperti apa. But I’ll still try anyway. In case bagi yang belum tau seperti apakah Waving The Aces itu, silahkan tanya Russell Rich langsung dan minta dia menunjukkan permainannya seperti apa. Dan kalaupun anda sempet belajar rahasianya, u’ll know how hard is that to perform. But it’s rewarding experience isn’t it? Karena sangat menghibur audience mainan itu.

Nah, jam 18.00, ada 2 klien yang sudah membuat janji sebelumnya dan memanfaatkan penawaran dari event tersebut. So, dari jam 18.00 – 19.00, gw ijin sebentar dengan Russell, pindah meja, dan melayani klien tersebut. Tanpa membocorkan masalah masing2 klien, topic mereka tidak jauh2 dari karir dan percintaan serta sedikit bacaan kelebihan dan kekurangan masing2. Mereka pada dasarnya cukup puas meskipun klien pertama memiliki kasus yang cukup kompleks dibandingkan klien rata2.

Setelah jam 19.00 ? Gw kembali ke meja Russell dan sudah ada Emily HappyWise disana. Mulailah kita mencoba permainan tarot combo game. Dan untuk yang penasaran seperti apa, rulesnya bisa dilihat di link ini.

http://rendyfudoh.com/tarot-combo-game/

Dan setelah penjelasan dan mencoba permainan, maka Emily dan Russell memberikan masukan yang membangun. Dimana mereka mengatakan belum ada sense kompetitif secara langsung antar player. Ujung2nya, permainan ini membuat player sibuk sendiri mengumpulkan kartu yang diinginkan untuk mengumpulkan point sebanyak – banyaknya, namun interaksi antar player masih minim. Plus permainan ini untuk 3 player terhitung cepat selesai.

Emily juga memberi masukan lebih detail kalau permainan ini lebih cocok diterapkan ke playing card alias kartu remi, karena pemain lebih fokus ke angka/ nilai di kartu dan gambar di kartu tarot menjadi tidak penting dalam permainan ini.

Lesson I’ve Got

Dari sekian banyak masukan tersebut, apakah yang bisa gw rangkum? Point pertama tentunya adalah, di waktu kedepan gw akan membuat rules permainan combo game ini KHUSUS UNTUK PLAYING CARD. Dengan demikian, bermodalkan playing card alias kartu remi saja, anda juga sudah bisa memainkan permainan yg unik ini.

Point kedua yang gw dapatkan dan masih bisa direvisi di waktu kedepannya adalah, berbagai errata (alias pengembangan aturan) untuk tarot combo game. Pengembangan aturan ini, untuk sementara tak sarankan untuk yang sudah mencoba memainkan dengan aturan dasar dahulu agar lebih mengenal alur permainannya.

  1. Ketika di fase lelang/ auction phase: jumlah kartu yang dilelang adalah sebanyak jumlah pemain.
  2. Ketika fase scoring, ketentuan scorenya berubah menjadi…
  • Nilai tiap tumpukan kartu adalah base score x multiplier
  • Base score adalah kartu tertinggi dari tumpukan 4 kartu yang anda buat (tidak termasuk major arcana)

Ketentuan multiplier adalah sebagai berikut:

  1. Apabila combo 4 kartu itu adalah suite yang sama, maka multipliernya adalah 1
  2. Apabila combo 4 kartu itu adalah ANGKA yang SAMA, maka multipliernya adalah 4!

Contoh:

ace of wands – 4 of wands – 5 of wands – 9 of wands.

  • Karena suite nya sama, multiplier adalah 1
  • Kartu tertinggi di tumpukan tersebut adalah 9 of wands, sehingga angka tertinggi ada lah 9
  • Dengan demikian, score di tumpukan ini adalah 9 x 1 = 9

Ace of Cups – Queen of Cups – The World – 3 of Cups

  • Kartu The World disini adalah proxy alias menjadi kartu apapun, oleh karena itu, kartu ini menjadi kartu cups saja.
  • Suitenya sama (suite of cups), multiplier adalah 1
  • Kartu tertinggi adalah Queen of Cups, sehingga angka tertinggi adalah 13 (page angkanya 11, knight 12, queen 13, king 14). The World meskipun kartu no 21, itu adalah Major Arcana sehingga tidak dihitung angkanya dalam scoring phase.
  • Dengan demikian, score di tumpukan ini adalah 13 x 1 =13

5 of wands – 5 of cups – 5 of swords – 5 of pentacles

  • Kartu tertinggi adalah 5 (karena semuanya adalah angka 5)
  • 4 angka sama karena semuanya angka 5, maka multipliernya adalah 4!
  • Scorenya adalah 5 x 4 = 20!

7 of wands – 7 of cups – 7 of swords – The Fool

  • Dalam kasus ini, The Fool menjadi kartu proxy untuk 7 of pentacles
  • Angka tertinggi adalah 7
  • 4 kartu sama2 7 nilainya, sehingga multiplier 4
  • Scorenya adalah 7 x 4 = 28!

Kenapa multiplier untuk 4 kartu angka sama cukup besar? Karena mencari 4 kartu angka sama itu jauh lebih sulit ketimbang suit nya sama.

Demikian revisi aturan yg gw dapatkan dalam test play di event #FridayTarotTime tersebut. Gw akan mencoba test play lagi di waktu mendatang dan akan membuat berbagai perbaikan2 konstruktif agar semua bisa menikmati permainan Tarot Combo Game ini. :)

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: