In Depth With Meditation Using Tarot

Well….di tulisan2 awal, salah satu kegunaan lain untuk tarot ada meditasi bukan? Nah….tulisan kali ini sebenarnya lebih untuk membahas meditasi tersebut secara lebih mendalam. Manfaatnya, selain untuk meningkatkan intuisi (kalau sering dilatih), pemahaman kita akan suatu kartu juga akan menjadi semakin luas dan tidak hanya berdasarkan textbook saja.

Untuk kartu-kartu yang digunakan, saya sarankan di awal2, cukup menggunakan kartu Major Arcana dahulu. Cukup 1 kartu untuk 1 hari; dan anda bisa memulainya secara berurutan (dari kartu 0 sampai 21), ataupun mengambil secara acak sesuai yang anda inginkan.

Untuk pertama-tama, lakukan cara pembersihan seperti yang saya pernah tuliskan sebelumnya, atau anda bisa gunakan cara anda sendiri seperti berdoa menurut kepercayaan anda masing2.

Setelah itu, ambil posisi duduk yang nyaman, badan tegap dan tidak tidur. Ambil salah satu kartu major arcana yang ingin anda perdalam maknanya. Pandangi kartu tersebut sampai anda dapat mengingat gambar kartu itu secara umum.

Setelah anda dapat mengingat gambar tersebut, tutup mata anda dan tetap pertahankan gambar tersebut dipikiran anda. Visualisasikan ukuran kartu dipikiran anda semakin membesar perlahan-lahan sehingga ukurannya membentuk seukuran diri anda.

Bayangkan anda melangkah masuk kedalam kartu itu, teliti lingkungan sekitarnya didalam kartu itu….apa saja yang anda lihat?

Kemudian temuilah sosok yang ada di kartu itu, bagaimana sifatnya? Perawakannya? Adakah detail2 lain yang tidak anda sadari dia miliki?

Setelah itu, tanyakanlah apa saja hal-hal yang berkaitan dengan yang ingin anda pelajari. Kemudian, biarkan dia menjawabnya. Apa saja jawaban yang dia berikan?

Kadangkala, sosok dalam kartu itu akan mengajak anda jalan2 untuk melihat lingkungan sekitar sambil berbagi ilmu kepada anda. Apa saja yang anda dapatkan?

Sesudah selesai berdiskusi dengan dia, ucapkan terima kasih kepada dia, melangkah keluar dari kartu tersebut. Visualisasikan kartunya semakin mengecil dan kembali keukuran semula. Dan buka mata anda.

Setelah ini, anda bisa menutupnya denan pembersihan lagi, ataupun dengan doa sesuai kepercayaan anda masing2

Latihan ini bisa dikatakan latihan visualisasi. Jadi gambarnya yang ada di imajinasi anda akan semakin terlatih dan semakin berkembang. Seringkali saat anda melakukan visualisasi, gambar yang ada dipikiran anda semakin liar dan menjadi berbeda dengan yang ada di kartu. Itu tidak masalah, tetap ikuti saja visualisasinya.

Apabila sosok dalam kartu tersebut tidak memberi jawaban….maka tetaplah berterima kasih kepada dia dan bila mau, silahkan berjalan-jalan melihat-lihat sekeliling lingkungan dalam kartu tersebut.

Bisa dikatakan sosok dalam kartu itu juga merupakan manifestasi dalam pikiran bawah sadar anda. Sehingga apabila sosok tersebut tidak memberi jawaban, bisa dikatakan bawah sadar anda masi menghalangi anda untuk memberikan jawaban tersebut.

Sekian dulu artikelnya. Semoga membantu.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: