In Depth With Tarot’s Element

Kali ini, gw akan membahas lebih detail mengenai element dalam kartu tarot. Bisa dikatakan element dalam kartu tarot lebih sebagai LABEL saja untuk membedakan ciri khas antara satu energi dengan energi lain. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian element tiap suite dalam kartu tarot:

 

Penjelasan tiap element

Suite Wands sendiri berelement api. Sesuai dengan karakteristik api, semua kartu wands mewakili energi sifatnya seperti kreatifitas, karir, aktifitas, kesibukan kerja. Layaknya sebuah api, apabila digunakan dengan hati – hati dan wajar, api bisa menjadi sesuatu yang mendukung kehidupan manusia seperti api yang menghangatkan manusia dimusim dingin atau cahaya api yang menerangkan didalam kegelapan. Api yang menghangatkan dimusim dingin bisa mewakili aktifitas yang konstruktif, dan cahaya api yang menerangkan dalam kegelapan bisa mewakili ide – ide briliant yang menjadi solusi atas permasalahan yang sekilas tampak buntu.

Namun apabila digunakan dengan ceroboh atau terlalu banyak api, maka api bisa membakar habis semua benda yang terkena api dan bisa menyebar kesekitarnya. Kalo dalam dunia nyata, bisa dihubungkan dengan sifat manusia yang instingtif atau naluri alias langsung bergerak melakukan sesuatu tanpa banyak mikir. Konsep bergerak/ berbuat dahulu baru berpikir konsekuensinya belakangan juga dekat dengan element api. Orang yang sedang bete, emosi marah, badmood yang kemudian tanpa alasan jelas membuat kerjaan / aktifitas menjadi berantakan juga merupakan contoh dari perumpamaan api yang membakar sekelilingnya tersebut. Kecenderungan seseorang merasa bertanggung jawab akan semua hal tanpa bersedia mendelegasikan ke orang lain, juga merupakan salah satu contoh energi api yang berlebih sehingga melelahkan fisik an pikiran.

Suit Cups sendiri berelement air. Namanya karakteristik air, semua kartu cups mewakili energi yang bersifat intuitif/ intuisi, kemudian mewakili emosi manusia, dans ering dikaitkan antara relasi manusia dengan manusia yang lain. Apabila digunakan wajar dan hati – hati, air bisa menyegarkan tubuh manusia, membantu pertumbuhan tanaman dan bisa dikatakan sebagai salah satu sumber kehidupan utama manusia. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan air sebagai media untuk menampung dan menyalurkan energi ke media lain sehingga memiliki kualitas penyembuhan. Energi air ini dalam kehidupan sehari – hari sering dikaitkan dengan cinta yang perlu terus dirawat, dikembangkan, dan disebar. Bisa juga dikatakan sebagai kemampuan seseorang untuk menjadi konselor dan menyembuhkan orang lain secara mental atau psikis.

Bagaimana jadinya kalau air terlalu berlebih? Sederhananya, contoh kejadian yang terlalu banyak air adalah banjir, tanaman yang justru menjadi mati karena kebanyakan air dan membusuk, bahkan sudah beberapa kali bencana yang langsung meluluhlantakkan sebuah pemukiman karena terpaan air dalam jumlah masif seperti tsunami. Dalam kehidupan sehari – hari, penggunaan energi air yang berlebih terlihat dalam emosi seseorang yang tidak stabil. Relasi yang sangat posesif sehingga pasangan yang semula senang diperhatikan, lama – kelamaan menjadi jengah dan justru berbalik membenci. Terlalu banyak energi air juga tercermin dari respon seseorang yang berlandaskan emosional belaka, tanpa memikirkan orang lain. Rasa cemburu dan memusuhi tanpa alasan yang jelas juga menunjukkan seseorang memiliki energi air berlebih.

Suit Swords mewakili element udara/ angin. Karakteristik angin sendiri adalah sesuatu yang tidak terlihat oleh mata namun dapat dirasakan. Udara juga menjadi salah satu sumber kehidupan manusia terutama oksigen…..tentu saja kita tidak bisa melihat wujudnya, namun kita bisa merasakan kalau kita sedang menghirup oksigen. Udara sendiri dalam kehidupan sehari – hari mewakili logika, dan komunikasi. Logika dan komunikasi itu sendiri adalah sesuatu yang tidak terlihat namun bisa berpotensi menyembuhkan ataupun menyakiti orang yang menerimanya. Apabila kita mengucapkan kalimat – kalimat yang positif, otomatis orang yang mendengarnya akan merasa lebih baik dan kita tidak akan pernah tahu kalau ucapan kita bisa membuat mood seseorang menjadi positif sepanjang hari. Sebaliknya bila sehari – harinya kita cenderung melontarkan kalimat – kalimat yang negatif dan menjatuhkan, kita tidak akan pernah tahu kalau kalimat kita bisa membuat mood orang yang mendengarkannya menjadi negatif sepanjang hari.

Begitu juga dengan logika, penggunaan logika yang seimbang dengan perasaan membantu seseorang untuk mempertimbangkan keputusan secara objektif dan membantu dalam penyususnan rencana yang bagus (tidak terlalu mendetail namun juga cukup fleksibel). Sementara logika yang terlalu digunakan ketimbang intuisi juga menyebabkan orang terlalu memikirkan hal – hal yang tidak perlu. Seringkali penggunaan logika yang berlebih berujung kepada pikiran yang selalu mengarah ke skenario terburuk alias terlalu negative thinking.

Suit Pentacles yang berelement bumi atau tanah mewakili energi kerja keras, sumber daya, dan seringkali dikaitkan dengan rejeki. Tanah yang subur menjadi media yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Bahkan juga ada semacam saran apabila seseorang ingin menetralkan energinya, sebaiknya kedua kaki berpijak di tanah karena tanah bumi bisa menetralkan energi yang ada dalam tubuh manusia. Penggunaan energi tanah yang wajar bisa dilihat dalam kehidupan sehari – hari dimana seseorang bekerja keras namun teratur serta tetap menjaga keseimbangan antara waktu kerja dengan waktu untuk kegiatan lainnya. Contoh lainnya adalah seseorang memperhitungkan untung rugi dari suatu produk secara moderat dan wajar (tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah).

Energi tanah yang terlalu berlebih bisa dilihat dari orang yang terlalu banyak bekerja sampai pola hidupnya kurang seimbang. Bekerja mengumpulkan kekayaan namun menyampingkan sosialisasi, waktu untuk diri sendiri, dan relasi dengan pasangan merupakan contoh untuk orang yang kelebihan energi tanah. Selain itu, keinginan untuk terus berada di zona nyaman baik secara psikis maupun secara materi juga dapat menjadi contoh yang baik dalam wujud kelebihan energi tanah.

 

Penerapan element dalam tarot

Dari banyak uraian diatas? Apakah setiap energi memiliki pengaruhnya dalam bacaan? Jawabnya tentu saja iya. Berikut beberapa contoh dampak dan manfaatnya dalam penggunaan energi:

Bayangkan apabila klien menanyakan seputar kerjaannya. Apabila kartu yang keluar mayoritas seputar wands atau pentacles yang mewakili energi api dan tanah. Bisa dikatakan memang pikiran klirn benar – benar fokus ke pekerjaannya di SAAT dia sedang bekerja. Tapi bagaimana kalo mayoritas kartu keluarnya adalah cups yang mewakili element air ? Karena contoh manfaat energi air adalah untuk di bidang relasi dan emosi, bisa dikatakan kalau klien sedang tidak fokus dengan kerjaannya karena ada sesuatu hal yang berhubungan dengan relasi mengganggu pikirannya. Tidak fokus disini bukan berarti tidak fokus dalam memikirkan pertanyaan; melainkan memang benar – benar tidak fokus dalam aktifitas kerjanya.

Sebaliknya, apabila klien menanyakan soal percintaan, yang idealnya bisa keluar cups (air) atau swords (udara), namun yang keluar malah wands atau pentacles yang mendominasi, bisa dikatakan antara klien sedang banyak kerja yang menunggu dan kurang menyisihkan waktu untuk relasi (wands) ATAU kliennya sendiri hanya mengejar pasangan yang motivasi utamanya cenderung memberi rasa nyaman dari sisi materi (pentacles, namun agak mengesampingkan sisi perasaannya alias mengutamakan materi ketimbang perasaan cintanya.

Selain untuk pembacaan, manfaat lain dari mengetahui element ini adalah untuk melakukan meditasi yang fokus kepada salah satu element. Jadi, misalkan seseorang memiliki karakteristik dimana logikanya sangat mendominasi (swords/ udara), maka orang tersebut bisa bermeditasi dengan kartu cups (air) atau pentacles (tanah), tergantung kebutuhan apakah perlu menyeimbangkan logika dengan perasaan untuk memperbaiki relasi, atau menyeimbangkan logika dengan kerja keras untuk memperbaiki karir pribadi. Misalkan juga seseorang memiliki karakteristik sangat emosional dan manja (cups atau air), maka lebih diseimbangkan dengan meditasi yang berfokus kepada wands (sisi bekerja dan entrepreneur) atau swords (sisi logika untuk memahami orang lain). Intinya, meditasi disini lebih bermanfaat untuk meningkatkan kualitas element seseorang sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Apabila Minor Arcana memiliki 4 element, pertanyaannya, apakah element Major Arcana? Major Arcana memiliki element ether atau spirit. Bisa dikatakan element ini mewakili sisi filosofis manusia, nilai – nilai hidup yang dipegang, pola pikir secara umum yang mengkonsepkan drinya, termasuk kepercayaan seseorang akan nilai – nilai spiritual. Oleh karena itu, semua kartu Major Arcana cenderung filosofis dan berjangka panjang ketimbang Minor Arcana yang lebih praktis, langsung ke pokok masalah dan jangka pendek. Meskipun begitu, Major Arcana sangat berguna untuk meditasi secara umum dan pengembangan spiritualitas yang bisa meningkatkan semua aspek kualitas individunya.

Sekian dulu untuk post gw kali ini. Semoga membantu terutama untuk teman – teman yang belajar mengenai penggunaan tarot. :)

 

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: