In Details on Three Card Spread

Sebagai bentuk follow-up dari artikel sebelumnya, maka kali ini saya akan menunjukkan, mengapa 3 card spread saja sudah cukup kompleks.

Pertama-tama, dari sisi pembacaan, 3 card spread sendiri bisa dirubah-rubah dari sisi arti dan posisinya, tergantung kreatifitas masing-masing. Contoh arti dari 3 card spread diantaranya:

  • Past – present – future (ini sering sekali dipakai bukan?)
  • keadaan sekarang – potensi yang bisa digunakan – perkiraan kedepan
  • Kelebihan anda – kekurangan anda – solusi
  • Situasi anda – masalah sebenernya – solusi
  • Faktor yang mulai meninggalkan anda – faktor yang anda miliki saat ini – faktor yang akan mendatangi anda
  • pilihan A – pilihan B – saran dalam memilih

Bahkan, sebenarnya tanpa harus ditetapkan artinya, sebenarnya 3 card spread juga bisa membentuk suatu cerita. Dalam hal ini, faktor karakter dalam gambar di tiap kartu menjadi sangat diperhitungkan. Apakah kartu pertama menghadap ke kartu ke-2, atau sebaliknya? Bagaimana dengan kartu ke-2? Apakah menghadap ke reader atau ke kanan (kartu ke-3)? Orientasi tokoh dalam kartu menjadi sangat penting apabila ingin mendapat hal-hal yang lebih detail lagi. Berikut 6 bentuk pola cerita yang saya kutip dari buku A Gnostic Book of Saints by Robert M Place:

  1. Linear: Kartu menunjukkan cerita dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Dengan dmeikian, semua tokoh di kartu akan menghadap ke arah yang sama (semua kekiri atau semua kekanan). Anda bisa juga melihat hubungan sebab akibat dari cerita linear ini.
  2. Rejectiona: setidaknya ada 2 tokoh yang saling membelakangi. Dimana bacaan seperti ini seringkali menandakan adanya konflik yang harus diselesaikan
  3. Central origin: Merupakan posisi dimana tokoh kartu ke-2 menghadap ke diri anda dengan kartu pertama atau ketiga membelakangi kartu ke-2. Ini bisa menunjukkan bahwa klien bisa melakukan tindakan yang sesuai dengan kartu ke-2 tersebut, kemudian bercabang ke option 1 atau option 2. Atau apabila salah satu kartu menghadap kartu ke-2, maka bisa mengindikasikan klien yang di kartu ke-2 didukung oleh 1 pihak dan dijauhi oleh pihak yang lain.
  4. Centra destination: terjadi apabila kartu 1 dan kartu 3 menghadap ke kartu 2, sedangkan kartu ke 2 menghadap reader atau melihat ke atas. Posisi ini sering mengindikasikan bahwa berbagai energi mulai berkumpul di dalam klien untuk mencapai suatu tujuan.
  5. The central problem: sama dengan central destination, dengan perbedaan kartu ke-2 adalah kartu yang menunjukkan ada permasalahan (seperti kartu 8 of swords). Posisi seperti ini bisa mengindikasikan adanya masalah yang menyedot perhatian klien.
  6. The central figure: kartu ke 2 bisa menjadi guru atau titik instruksi solusi yang harus dijalankan klien, yang kemudian berujung kepada 2 kemungkinan (kartu 1 atau kartu 3)

Selain 3 card spread bisa dilihat sebagai cerita, maka teman-teman juga bisa memperhatikan elemen apa yang paling dominan. Apakah 2 kartu atau ketiga kartu yang keluar adalah major arcana? Kalau demikian, bisa dikatakan memang situasi klien mayoritas ditentukan oleh faktor luar. Apabila mayoritas minor arcana, maka situasi bisa dikendalikan oleh klien. Selain itu, elemen apa yang mendominasi? apakah air? api? atau elemen lain?

Sebagai penutup, bahkan 3 card spread ini seirngkali menjadi dasar untuk spread-spread lainnya. Sebagai contoh:

Book of shadow spread

1…2…3

4…5…6

1-3: penjelasan mengenai situasi anda dan faktor yang mendukung anda

4-6: faktor lain yang sebetulnya sangat berpotensi, tapi tidak/ belum anda gunakan

2 choice spread

1…2…3————————4…5…6

—————7..8…9——————–

1-3: cerita tentang option A

4-6: cerita option B

7-9: faktor yang dipertimbangkan sebelum memilih

Dan masih banyak lagi yang bisa dikembangkan sesuai kreatifitas teman-teman.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: