Istilah – Istilah Dalam Dunia Tarot dan Magick

Untuk bagian ini, gw akan mencoba membahas berbagai istilah/ jargon yang dekat dengan dunia Tarot dan –sedikit- nyerempet ke magick. Istilah2 yang akan gw bahas disini lebih ke istilah2 yang masih asing ditelinga para tarot reader di Indonesia, namun ternyata cukup sering digunakan oleh reader2 luar negeri.

 

Shopping Client

Istilah ini mengacu kepada klien2 yang bertanya kepada beberapa tarot reader (atau berbagai macam reader lainnya seperti astrologi, feng shui, shio, dsb2nya) satu per satu. Yang ditanyakan seringkali adalah pertanyaan yang sama dengan tujuan bukan untuk mencari solusi atau inspirasi2; melainkan untuk mencari pembenaran atas apa yang diyakininya sendiri. Sebagai contoh apabila si A memiliki pertanyaan “Apakah si B orang yang cocok untuk saya?” dan dia merasa si B adalah org yg cocok untuk dirinya, maka dia akan menanyakan ke reader pertama. Apabila reader pertama bilang tidak cocok, maka si A akan beranjak ke reader kedua, ketiga, dan seterusnya SAMPAI dia menemukan reader yang menjawab kalau si B cocok dengan si A.

 

Armchair Magician

Ini sebenernya jargonnya dunia magick untuk istilah peneliti/ professor dalam arti sempit. Orang yang disebut (atau seringkali diledekin) sebagai armchair magician adalah orang2 yg punya banyak konsep, teori, penelitian, spekulasi2 dalam dunia magick pada umumnya (termasuk tentang tarot juga) namun ternyata SEDIKIT PRAKTEK. Ya bisa dikatakan banyak bicara dan sedikit bertindak. Meskipun begitu, seringkali teori2 yang diucapkan oleh armchair magician ini diujicoba oleh praktisi2. Dalam kasus ini, berbagai teori dan konsep tarot oleh armchair magician ini seringkali diujicoba oleh tarot reader sendiri.

 

Lunar Magick

Dari namanya saja gw yakin temen2 uda dapet gambaran. Yaitu praktek meditasi, affirmasi diri / self hypnosis (sihir) yang memperhatikan siklus bulan. Ini disebabkan ada orang2 yang percaya bahwa siklus bulan selama 28 hari per siklus tersebut dapat memberikan efek2 tertentu dalam meditasi setiap orang.

 

Candle Magick

Yaitu praktek meditasi, affirmasi diri / self hypnosis (sihir) yang menggunakan lilin berwarna sebagai SARANA agar pikiran lebih terfokus terhadap symbol warna. Ini disebabkan karena banyak penelitian psikologi yang mengatakan warna dapat memberikan efek psikologis tertentu kepada manusia. Sebagai contoh, apabila teman2 bermeditasi dengan tujuan untuk kedamaian diri dan meningkatkan persahabatan, teman2 bisa menggunakan lilin warna hijau. Apabila teman2 bermeditasi untuk inspirasi bisnis, teman2 bisa menggunakan lilin warna kuning.

Bagaimana bila warna lilin yang diinginkan sulit dicari? Simple, cukup pakai lilin putih yang dibalut sebagian oleh kertas dengan warna sesuai keinginan kalian.

 

Psychic Muscle

Maksudnya adalah ketahanan/ stamina psikis yang dimiliki tiap orang. Seringkali ketahanan psikis tiap orang dapat dilihat dari berapa kali dia bisa membaca tarot untuk banyak orang terus – menerus, berapa kali dia menggunakan intuisinya per hari, termasuk seberapa lama seseorang dapat tetap focus mengerjakan test IQ (yes, test IQ dapat melatih stamina psikis). Setiap orang memiliki psychic muscle yang berbeda2, hanya saja tentu bisa dilatih layaknya olahraga.

 

Tarot Magick

Yaitu praktik self-affirmation/ self hypnosis dengan menggunakan kartu tarot sebagai sarana agar pikiran dapat lebih focus dan mempermudah pemrograman goal2 tertentu.

 

Tarot Journal

Yaitu jurnal pribadi yang khusus dibuat untuk mencatat hasil bacaan terutama bacaan harian untuk diri sendiri dan bacaan2 penting lainnya. Dalam sebuah tarot journal juga seringkali dicatat berbagai arti kartu yang sudah dipahami dan arti2 baru yang didapat seiring dengan bertambahnya jam terbang seorang reader. Salah satu tujuan reader memiliki jurnal adalah untuk melihat perkembangan diri sendiri dari waktu ke waktu dalam tarot reading.

 

Tarot Talisman

Yaitu sebuah kartu tarot (bukan deck tarot) yang deprogram dengan tujuan tertentu oleh penggunanya, kemudian kartu tersebut dibawa dekat dengan tubuh si pengguna untuk mengingatkan goal yang sudah dia program sebelumnya. Bahasa jeleknya, memprogram sebuah kartu tarot agar menjadi jimat.

 

Planetary Influence

Merupakan istilah untuk pengaruh energy dari planet yang dirasakan/ diterima manusia di bumi. Ini disebabkan karena ada orang yang percaya dan meneliti bahwa rotasi suatu planet memberikan pengaruh2 tertentu kepada manusia di bumi sehingga munculah ‘hari baik’ dan ‘hari buruk’ untuk kegiatan2 tertentu. Bisa dikatakan planetary influence dan astrological influence (pengaruh rasi bintang) merupakan versi Baratnya dari penentuan hari baik dan hari buruknya ala feng shui. Istilah planetary influence (dan astrological influence) disini juga sering dipakai untuk mendeskripsikan pengaruh planet untuk kartu2 tertentu dalam deck tarot.

 

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: