Keterbelakangan Pengetahuan Penyebab Tarot Reader Menjadi ‘Kaku’

Banyak yang mengatakan sekarang jamannya teknologi informasi dimana berbagai informasi dapat tersebar dengan mudahnya. Begitu juga informasi mengenai tarot. Sudah banyak yang beredar di internet dan berbagai media, namun tetap saja banyak tarot reader yang memang lebih suka memaksakan caranya sendiri ke orang lain yang baru belajar tarot. Maksud dari memaksakan disini adalah menetapkan caranya adalah yang paling benar dibandingkan cara yang lain.

Namun kalau diteliti kembali, mengapa banyak tarot reader yang ngotot cara dia adalah paling benar, ternyata jawabannya cukup sederhana. Sebagian besar tarot reader tersebut memang jarang membaca literatur seputar tarot sehingga pengetahuannya pun memang tidak berkembang. Mungkin juga karena pendidikan di Indonesia membuat seseorang terbiasa manut (nurut) dengan “apa kata guru” ketimbang mencari pengetahuan yang baru dan inisiatif mengembangkan metode sendiri/ kreatifitas.

Faktor lain yang juga berkontribusi dalam ‘kaku’nya bacaan dan cara membaca seorang tarot reader adalah faktor ego yang cukup tinggi. Percaya atau tidak, sebagian tarot reader merasa lebih pintar ketimbang orang awam bahkan merasa berada diatas orang – orang umumnya dari sisi mengetahui jalan hidup seseorang. Darisitulah ada semacam ilusi bahwa dirinya adalah orang yang serba tahu dan tentu saja berakibat tidak butuh lagi pengetahuan yang baru. In short word, kebanggaan semu tersebut membuat tarot reader menjadi malas belajar.

Bagaimana kita bisa mengetahui apabila seorang tarot reader memiliki ilmu pengetahuan yang terbelakang? Cukup sederhana, apabila ketika anda baru belajar tarot dan seorang reader yang mengaku senior mewajibkan anda mengikuti metodenya dia tanpa menyertakan alasan yang kuat, atau tanpa boleh mempertanyakan sebab dibalik itu, atau dia menyatakan “metode dia sudah terbukti dan teruji paling benar”, dari situlah sudah ketahuan kalau pengetahuan dia sudah jauh tertinggal. Tarot reading merupakan suatu ilmu yang terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga cara pembacaannya pun memiliki banyak cara dan semua cara adalah benar.

Dan bagaimana kita bisa mengetahui seorang tarot reader memiliki pengetahuan yang bagus? Sederhana juga. Lepas dari apapun pengetahuan yang dia pelajari, dia akan membebaskan murid atau orang yang dibimbing untuk mempelajari tarot dari sumber manapun. Dia akan dengan sangat terbuka berdiskusi mengenai metode – metode yang ditemukan oleh tarot reader lain tanpa melibatkan pandangan subjektif dan tanpa merasa metodenya yang paling benar. Dan satu hal yang sangat penting, tarot reader yang kaya akan ilmu, selalu membiarkan murid/ bimbingannya untuk memacu kreatifitas individu agar menemukan cara membaca mereka sendiri yang nyaman buat diri mereka masing – masing.

Jadi, menyinggung tenkologi informasi, bisa dikatakan internet dan teknologi lainnya hanyalah sarana. Namun faktor kunci dari itu semua agar seorang tarot reader bisa semakin kaya ilmunya, adalah keinginan untuk terus belajar tanpa bosan. Layaknya anak kecil yang senang bermain setiap hari, belajar tarot pun juga merupakan sebuah permainan yang menyenangkan setiap hari.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: