[Minor Arcana] Angka 1 Yang Melambangkan Peluang (Part 2)

Ace of Swords

Seperti yang sudah diketahui, swords sendiri memiliki element udara atau element angin. Element udara sendiri mensimbolkan rasionalitas atau logika. Udara yang juga berfungsi sebagai media penghantar suara juga membuat element ini identik dengan komunikasi. Sifat udara yang mengalir dan bisa menyesuaikan diri dengan wadah apapun sepanjang ada ruang, membuat element udara adalah element yang paling tricky atau paling sulit dibaca karakteristiknya.

Jadi, ace of swords sendiri secara umum menunjukkan peluang di bidang komunikasi atau hal – hal berunsur rasionalitas atau logika. Apakah ini juga bisa dikaitkan dengan rejeki? Dari literatur tulisan Frater U.D , kartu ini juga bisa menunjukkan akan adanya rejeki. Namun rejeki disini bukanlah rejeki yang didapat dengan kerja keras dan kuantitatif seperti pentacles (yang akan dibahas nanti). Justru kartu ini lebih bisa menunjukkan peluang rejeki yang didapat secara kualitatif dimana waktu kerja cenderung lebih sedikit, namun memiliki beban psikis yang relatif lebih besar dan potensi penghasilan yang lebih besar juga.

Seperti yang disebutkan diatas, maka peluang tricky tersebut bisa mencangkup beberapa hal seperti spekulasi dalam dunia saham, analisis atau konsultan, jual beli property, atau peluang untuk mengisi posisi dan tanggung jawab tinggi. Short word, rejeki di ace of swords adalah rejeki yang bisa dikerjakan sesuai dengan kemampuan anda, namun sumber asal kerjaan tersebut justru diluar perkiraan.

Selain peluang rejeki, ace of swords juga bisa menunjukkan akan peluang menjalin komunikasi/ negosiasi dengan pihak tertentu, tergantung dari sikon bacaannya.

Apakah ada aspek negatif dari ace of swords? Bisa saja. Apabila ace of swords berada di aspek kekurangan seseorang atau hal yang perlu dibenahi, itu bisa menunjukkan kemampuan negosiasinya yang sangat kurang atau komunikasinya yang buruk. Komunikasi yang buruk dalam menjaga relasi ataupun dunia kerja, bisa berujung ke banyaknya misskomunikasi bukan?

Bisa juga menunjukkan kemampuan spekulasi, analisa, atau menjaring peluang yang buruk. Kemampuan spekulasi yang buruk bisa disebabkan oleh banyak hal seperti mudah tergoda dengan uang besar dengan syarat yang terlihat sangat mudah, kemampuan mengendalikan emosi yang buruk, dan masih banyak lagi. Kemampuan analisa yang buruk bisa berakibat penilaian situasi penting yang tidak objektif karena lebih berlandaskan emosi belaka ketimbang keseimbangan logika dan emosi, yang berujung kepada terciptanya keputusan yang buruk.

 

Ace of Pentacles

Pentacles sendiri memiliki element tanah atau element bumi. Karena tanah bumi yang terikat erat dengan image kesuburan dan menjadi media tanaman untuk tumbuh perlahan – lahan, membuat pentacles sendiri mewakili rejeki, berkat, ataupun hasil dalam bentuk berwujud/ materi yang didapatkan dengan kerja keras.

Karena kuncinya lebih ke rejeki materi yang didapat dengan kerja keras, seringkali hasil kerjanya tumbuh perlahan tapi pasti dengan fondasi yang kuat, layaknya tanaman yang tumbuh di lahan yang subur.

Dengan demikian, ace of pentacles lebih menunjukkan akan peluang –rejeki berwujud- yang apabila digarap dengan kerja keras, disiplin, ataupun konsistensi, membuat peluang tersebut perlahan – lahan memberi hasil yang stabil juga. Peluang disini, berbeda dengan ace of swords, lebih bersifat kuantitatif atau lebih menitik beratkan kedalam jumlah ketimbang kualitas. Sebagai contoh, peluang bisnis online yang dimana si penjual hanya menjual barang dengan margin keuntungan yang kecil dan dijual dengan jumlah yang masif. Atau peluang menterjemahkan dari 1 bahasa ke bahasa lain yang dimana bayarannya adalah per lembar.

Aspek negatif dari ace of pentacles lebih ke apakah si penanya ataupun objek yang ditanyakan itu kekurangan peluang rejeki (karena sering melewatkan peluang tersebut karena malas misalnya);  ATAU sebaliknya, justru terlalu banyak mengambil peluang rejeki kuantitatif tersebut sehingga dia kekurangan waktu untuk dirinya sendiri ataupun untuk mengurus hal lainnya yang sama pentingnya. Unsur kerja berlebih alias gila kerja memang menjadi unsur negatif yang populer untuk kartu pentacles.

Apabila ace of pentacles berada dalam bacaan yang sekilas memang tidak ada hubungannya dengan topic, itu bisa menunjukkan bahwa topic yang ditanyakan memiliki sudut pandang yang diluar dugaan si penanya.

Sebagai contoh, apabila yang ditanya adalah seputar percintaan, maka apabila ada ace of pentacles disana, ada semacam indikasi kalau percintaan tersebut lebih didominasi karena salah satu pasangan lebih ke melihat sisi materi ketimbang relasi itu sendiri. Atau bisa juga berarti ada peluang untuk pasangan tersebut bekerja sama menghasilkan rejeki (bisnis bareng misalnya?).

Apabila topik yang ditanya adalah seputar orangtua misalnya, bisa saja ace of pentacles mengindikasikan pola didik orang tua yang memang mementingkan pekerjaan yang sekilas terlihat aman dan memiliki prospek masa depan yang berkembang. Tapi apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginan si anak?

Sekali lagi, semuanya tergantung dari kartu lainnya dalam tebaran tersebut.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: