[Minor Arcana] Three : Energi dan Ekspresi , Part I

Angka 3 dalam minor arcana, secara umum menunjukkan energi yang tercurahkan dalam hal yang dikerjakan. Bisa juga menunjukkan akan ekspresi yang intense (bahkan cenderung berlebih), tergantung dari suit minor arcana tersebut. Dalam banyak bacaan, seringkali angka 3 juga menunjukkan optimisme karena si klien sudah melakukan banyak hal untuk mencapai apa yang dia inginkan.

 

3 of wands

Sederhananya, ini menunjukkan usaha yang sudah dilakukan semaksimal mungkin dalam hal karir. Berbagai karya sudah selesai dikerjakan dan tinggal menunggu calon pelanggan yang berminat.

Untuk itulah, seringkali gambar yang ada di kartu ini, menunjukkan orang yang sedang berdiri di sebuah daratan, ditemani dengan 3 tongkat, serta gambar kapal di perairan. Gambar kapal di perairan tersebut sering diartikan menjadi 2 macam: kapal tersebut datang menjemput orang yang ‘menunggu’ tersebut, atau kapal tersebut telah pergi meninggalkan orang yang sama.

Akibatnya, tergantung dari konteks pertanyaan ataupun posisi kartu yang ada juga. Bisa saja kartu ini menunjukkan pekerjaan/ karya yang sudah selesai dan tinggal menunggu pelanggan yang berminat alias sudah sesuai dengan deadline. Bisa juga menunjukkan kalau pekerjaan tersebut sudah melampaui deadline; sehingga klien sudah kehilangan momentum dalam pekerjaan tersebut.

 

3 of cups

Makna dalam kartu ini lebih sering diartikan sebagai moment untuk bersenang – senang bersama teman – teman. Wajar saja banyak yang mengartikannya demikian, karena dari gambarnya menunjukkan 3 wanita yang tampak menikmati waktu kebersamaan. Di banyak versi tarot, kartu ini selalu menunjukkan 3 wanita yang sedang melakukan toast dengan cups nya masing – masing ataupun sedang menari.

Arti secara umum memang lebih mengacu ke bersenang – senang menikmati moment waktu kebersamaan. Dan arti tersebut memang versi panjang dari angka 3 yang melambangkan ‘ekspresi’ dan suit cups yang melambangkan ‘emosional dan relasi’.

Apabila dalam konteks pekerjaan/ bisnis, kartu ini lebih menunjukkan kalau ternyata menikmati proses bekerja bersama teman – teman itu jauh lebih diutamakan ketimbang hasil akhirnya nanti. Bukan berarti pekerjaan tersebut merugi/ tidak efektif; melainkan moment – moment selama berproses itu yang jauh lebih bermakna ketimbang hasilnya.

Dalam dunia kerja dan relasi juga, kartu ini juga bisa menunjukkan tanda untuk perlunya komunikasi yang lebih intens dan antar individu dan perlunya saling mendekatkan diri agar bisa bekerja sama dengan baik. Kedekatan secara emosional dan personal menjadi kuncinya.

Sisi buruknya? Bergantung dari topik dan posisi kartunya, kartu ini juga bisa menunjukkan kecenderungan seseorang untuk bergosip. Dengan kata lain, beberapa orang lebih sering menghabiskan waktu untuk ngobrol dan berbicara berbagai hal diluar topik utama ketimbang benar – benar mendiskusikan sesuatu yang lebih penting.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: