[Minor Arcana] Three : Energi dan Ekspresi , Part II

3 of swords

Diantara 4 kartu dengan angka 3, kartu 3 of swords merupakan kartu yang sering dianggap jelek meskipun kenyataannya belum tentu seperti itu.

Banyak orang yang memaknai kartu ini sebagai patah hati, dikhianati pasangan, sakit hati karena 1 dan lain hal. Namun menurut saya, makna dalam kartu ini tidak melulu soal patah hati.

Arti dasar dari kartu ini adalah mengekspresikan logika. Logika sendiri memang berkaitan erat dengan fakta dan kenyataan – kenyataan yang seringkali tidak nyaman untuk didengar. Karena pembicaraan dan diskusi yang menitikberatkan kepada logika, maka konsekuensinya memang terasa tidak enak didengar atau terasa menyayat hati. Konsekuensi itulah yang digambarkan di kartu 3 of swords yang seringkali dilukiskan dengan hati yang ditusuk pedang.

Makna lainnya juga, mengesampingkan sisi emosional agar bisa menyampaikan sesuatu secara objektif dan logis.

Jadi, apabila banyak orang yang menginterpretasikan kartu ini secara negatif karena unsur sakit hatinya, maka sisi positif dari kartu ini lebih menunjukkan ke mengkomunikasikan berbagai fakta dan kenyataan secara objektif dan jujur.

 

3 of Pentacles

Makna singkat dari kartu ini lebih ke ekspresi dalam hal material. Simplenya lagi, menikmati proses bekerja. Kartu ini seringkali digambarkan dengan sosok orang yang tengah bekerja dan sosok orang lain yang mengawasi pekerjaan tersebut. Si pengawas tersebut seringkali diaritkan sebagai bos atau orang yang memberi bayaran atas kerjaan orang tersebut.

Karena suit nya adalah pentacles, maka konteks menikmati pekerjaan disini lebih ke pekerjaan yang sifatnya konvensional; pekerjaan yang dimana semakin banyak anda menginvestasikan waktu anda untuk bekerja, maka semakin besarlah pemasukan yang anda dapatkan. Dengan demikian, sifatnya memang cenderung kuantitatif atau bisa dihitung. Simplenya lagi, bekerja sedikit demi sedikit secara telaten dan setelah banyak terkumpul, memiliki penghasilan yang besar.

Sisi negatifnya? Kartu ini bisa juga menunjukkan akan seseorang (bisa juga si klien itu sendiri) yang terlalu mendedikasikan waktunya untuk bekerja sehingga kurang bisa membagi waktunya untuk hal – hal lain. Short word: gila kerja. Bisa juga menunjukkan kondisi seseorang yang memang tengah dikejar deadline sehingga dia bekerja lebih keras ketimbang biasanya.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: