Pembukaan dan Penutupan Meditasi Dengan Tarot [teaser article]

note:

Artikel ini adalah teaser untuk artikel gw untuk majalah Tarout Journey edisi November 2012. Dengan demikian, artikel yang di web ini baru sebagian tulisan  saja. Untuk tulisan lengkapnya, silahkan baca di Tarot Journey edisi November yang akan terbit di awal November 2012. 

 

Kita semua tahu, seringkali tarot digunakan hanyalah untuk sekedar membacakan orang lain terutama di Indonesia. Informasi yang beredar mengenai penggunaan tarot selain untuk membacakan orang lain dan diri sendiri pun baru sebatas penggunaan kartu tarot dengan kombinasi pendekatan psikologi. Topik yang akan saya bawa dalam artikel saya kali ini adalah penggunaan tarot untuk hal selain membacakan orang lain: sebagai alat bantu untuk meditasi.

Dari berbagai tulisan yang saya buat terutama di website saya sendiri ( rendyfudoh.com ) dan buku saya (Tarot Next Lesson terbitan Karala Media Nusa), saya sudah menjelaskan secara singkat penggunaan kartu tarot untuk meditasi. Kenapa saya masih membahas lagi seputar meditasi dengan kartu tarot? Karena kali ini saya akan membahas khusus mengenai alternatif membuka dan menutup meditasi dengan kartu tarot.

Element Dasar Dalam Kartu Tarot

Saya akan sedikit mereview mengenai element yang ada dalam kartu tarot. Element yang dimaksud disini lebih sebagai karakteristik simbol dan energi yang mewakilinya. Untuk klasifikasi element, dimulai dari Minor Arcana, kartu Wands melambangkan element api, kartu Cups melambangkan element air, kartu Swords melambangkan elemen udara, dan kartu Pentacles melambangkan element tanah. Sementara untuk kartu Major Arcana sendiri mewakili element spirit atau ether.

Manfaat Membuka Meditasi Dengan Kartu Tarot

Apa manfaat element di kartu tarot selama meditasi? Sederhananya, bagi tarot reader yang sudah fasih memakai kartu tarotnya, secara bawah sadar, dia sudah memprogram otaknya terhadap simbol – simbol dalam kartu tersebut yang berujung kepada energi dalam dirinya(atau sejumlah pengamat lebih suka menyebutnya sebagai aura) bereaksi atau menyesuaikan diri dengan simbol – simbol dalam kartu yang reader lihat. Membuka meditasi dengan kartu tarot bisa digunakan sebagai alat bantu untuk sarana menyeimbangkan aura yang ada dalam tubuh manusia agar benar – benar netral dan disimbolkan dengan adanya MINIMAL 4 element dasar tersebut.

Mengapa sebelum meditasi energi dalam diri kita perlu diseimbangkan? Sederhananya agar selama meditasi, kita dapat benar – benar fokus sesuai dengan program meditasinya masing – masing. Sejumlah praktisi meditasi berpendapat, apabila kita meditasi saat kita sedang emosi, justru emosi kita semakin meninggi, apabila kita meditasi saat kita sedang sedih, justru kita semakin menangis. Oleh karena itu, banyak praktisi yang menyarankan untuk grounding atau menetralkan energi diri dahulu sebelum memulai meditasi. Membuka meditasi dengan kartu tarot disini bermanfaat sebagai alternatif grounding tersebut.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: