Question And Answer Part 4: About Tarot Reader

00 the fool

Q: Ren, apakah ada seseorang yang menjadi sangat kaya dengan membaca tarot?

A: Sejauh yg gw tau, kalo kaya disini dalam konsteks materi, maka belum ada orang yg menjadi sangat kaya dan punya tabungan milyaran rupiah hanya dengan membaca tarot. Seorang pembaca tarot yg sangat kaya yg gw tahu, ternyata selain pembaca tarot, juga sekaligus seorang pengusaha yang sukses.

Q: Kira2, lebih banyakan mana jumlahnya antara tarot reader pria dengan wanita?

A: Ini agak unik. Diantara tarot reader, kita semua tahu kalau tarot reader pria jauh lebih banyak. Namun karena yang sering masuk TV adalah tarot reader wanita (karena parasnya lebih menjual dan image tarot = wanita gypsy), maka orang awam selalu mengira lebih banyak tarot reader wanita ketimbang pria.

Q: Apakah seorang tarot reader juga harus belajar psikologi?

A: Sebenarnya sih, tidak diwajibkan. Namun alangkah lebih baiknya seorang tarot reader juga belajar psikologi, dengan tujuan agar memiliki empati dan tahu cara mengkomunikasikan akar masalah klien berikut berbagai tips untuk memperbaiki masalah si klien itu sendiri.

Q: Apakah seorang tarot reader perlu belajar dan terus mengupdate ilmunya melalui buku? Ataukah ilmu tarot bisa dipelajari dengan pengalaman?

A: Lebih baik mempelajari seputar tarot dari buku DAN pengalaman. Orang yang mengklaim dirinya belajar tarot murni dari pengalamannya, perkembangan intuisinya, atau semacamnya tanpa baca buku, seringkali hanyalah menjadi pembenaran diri kalau reader tersebut sebenarnya malas baca buku. Sesimple itu.

Q: Buku2 tarot luar pada mahal. Jadi untuk apa saya sebagai pembaca tarot membeli buku mahal tersebut? Masih banyak hal lain yang bisa saya beli dan lebih penting dibandingkan buku tarot.

A: Well…, mindset anda menentukan karir anda. Sesederhana itu. Anda tidak mau mengeluarkan uang sekian ratus ribu untuk membeli buku tarot, tapi anda BERANI menetapkan tarif pembacaan sekian ratus ribu ke klien? Kalau anda tidak menghargai ilmu yang menjadi profesi anda, maka otomatis klien pun juga tidak akan menghargai anda. Sesimple itu.

Q: Apakah seorang tarot reader harus menjadi professional?

A: No. Justru sebagian pembaca tarot hanyalah sebatas hobbyist saja. Meskipun cuma hobi, pembacaan tarot juga efektif sebagai sarana menjaring teman baru alias networking yang tentunya akan berguna untuk karir anda kedepannya, apapun itu.

Q: Apakah dengan belajar tarot, seseorang menjadi tidak religius?
A: Justru di sebagian besar kasus yg gw temuin, seorang tarot reader yang benar2 belajar, justru menjadi sangat objektif dan menghargai agama yg dianut diri sendiri maupun orang lain. Kalau artian religius disini adalah menjadi fanatik dengan agama sendiri, memang kebanyakan tarot reader menjadi tidak religius. Namun mereka justru semakin menghargai semua agama yg ada berikut penganut2nya. Dan gw melihat, sikap saling menghargai dan toleransi yang tinggi itulah yang perlu dicontoh.

Q: Ada beberapa tarot reader yang mengklaim mereka adalah turunan orang ningrat jaman dulu. Apakah itu benar?
A: Gw secara pribadi tidak tahu dan malas untuk mencoba membuktikan kebenarannya.

Ya, bayangannya seperti ini. Apabila seorang keluarga ningrat di tahun 1800an punya 2 anak, sementara rata2 orang menikah adalah setiap 20 tahun DAN ketika menikah, langsung punya anak setahun kemudian…maka dalam jangka waktu antara tahun 1800 sampai 2000 saja MINIMAL sudah ada 10 generasi. Dan secara matematika, jumlah anak yang menjadi keturunan keluarga ningrat tersebut MINIMAL sebanyak 2 pangkat 10, which is ada 1024 ANAK! Dan tentu saja, di jaman dulu, dalam 1 keluarga, mustahil hanya ada 2 anak, melainkan rata2 3-4 anak dan sejumlah kasus malah ada yang diatas 10 anak. Jadi gw biarkan itu hitungan ada di imajinasi kalian, berapa ribu penduduk yang secara statistik ada darah biru nya hanya untuk 1 KELUARGA NINGRAT.

Simple word? Menurut gw, itu hanya kebanggan semu akan masa lalu keturunannya sendiri karena si tarot reader tersebut tidak ada hal lain yg bisa dia banggakan.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: