THE FOOL’S VISUALIZATION

Tulisan ini merupakan semacam ‘follow-up’ dari tulisan saya di buku TAROT: Next Lesson, khususnya untuk bagian meditasi dengan kartu tarot. Seperti yang kita ketahui, kita bisa menggunakan kartu tarot sebagai alat bantu untuk mempermudah visualisasi. Visualisasi dalam meditasi sendiri secara umum terbagi menjadi 2 macam. Yaitu visualisasi yang tidak terarah, dan visualisasi yang terarah ( guided- visualization). Kali ini gw akan memberi contoh naskah untuk guided visualization dengan menggunakan kartu tarot Major Arcana, dan yang kali ini digunakan adalah The Fool.

Seperti biasa, sebagai pembuka maupun penutup meditasi, kalian bisa menggunakan berbagai alternatif yang anda ketahui, atau bisa juga menggunakan cara yang telah saya tulis sebelumnya ( diantaranya ada di Tarot Journey cycle 1 edition 1 The Magician yang terbit November 2012 , atau juga bia menggunakannya materi yang saya bagikan di buku Tarot Next Lesson). Dengan demikian, apa yang gw tulis disini langsung ke point isi visualisasinya. Tentu saja kalian tidak perlu menghafal buta isi visualisasi disini, cukup memvisual/ membayangkan di pikiran kalian selama kalian membaca naskah dibawah ini, dan dengan sendirinya kalian bisa mengerti dan mengingat2nya kembali ketika anda benar2 melakukan meditasi dengan kartu The Fool.

Berikut script visualisasi untuk The Fool

 

Amati kartu the Fool didepan anda. Amati dengan teliti perawakannya, pakaiannya, dan apabila dia memiliki teman atau pendamping (seperti anjing misalnya), amati juga bentuknya secara detail.

Tutup mata anda, dan visualisasikan sebuah pintu didepan anda. Pintu tersebut tampak kokoh dan besar. Namun ketika anda hendak menyentuh pintu tersebut, pintu itu terbuka dengan sendirinya. Anda melihat pemandangan rumput yang hijau dan sangat lapang dibalik pintu tersebut. Anda melangkah masuk dan melihat pemandangan yang sangat indah. Pohon yang rimbun, langit biru yang cerah, pegunungan yang asri, tiupan angin yang sepoi – sepoi, semua keindahan yang dapat diberikan alam mengelilingi diri anda.

Anda berjalan sambil menikmati pemandangan tersebut. Setelah anda berjalan agak jauh, sebuah sosok yang sangat anda kenal dekat, mendekati diri anda dengan langkah yang ringan, nyaris bagaikan melompat disetiap langkahnya. Sosok itu ternyata sama dengan sosok yang anda pandangi di kartu The Fool. Sosok The Fool tersebut membungkuk memberi hormat dan menarik tangan anda. Ia mengajak anda bermain sipadang rumput tersebut; berlari…..melompat…..tertawa…..mengumpulkan buah……melihat serangga……bahkan layaknya seorang anak kecil yang memiliki keinginan untuk terbang, sosok The Fool mengajak anda untuk terbang, dan anda benar – benar TERBANG BERSAMANYA!

Nikmatilah suasana permainan anda dengan The Fool. Amati dan nikmati pemandangan yang ada didepan anda ketika anda terbang bersamanya. Tertawalah dan gembiralah dengan segala keindahan yang anda saksikan. Karena keindahan itu sendiri, ternyata masih ada didunia, setidaknya di sebagian dunia yang kita hidup sekarang ini.

Ketika anda puas bermain dengan The Fool, anda merasakan sudah waktunya anda untuk kembali ke kesadaran anda. Dari sini, anda bisa menanyakan sesuatu kepada The Fool kalau anda mau. Apapun itu, tanyakanlah kepadanya. Mungkin dia akan menjawab pertanyaan anda dengan jelas, mungkin dia justru akan membalas pertanyaan dengan pertanyaan, atau mungkin dia tidak menjawabnya sama sekali dan hanya tertawa layaknya anak kecil yang menikmati dunianya. Apapun responnya, ucapkan terima kasih …. terima kasih….terima kasih….., dan kembalilah ke kesadaran anda melalui pintu besar yang terpampang didepan anda.

 

Buka kembali mata anda, rapikan kartu tarotnya, dan catatlah apa yang anda rasakan dan alami di jurnal pribadi anda sedetail mungkin. Segala nasehat yang anda dapatkan dari The Fool akan berguna dikemudian hari.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: