The Importance of Journal

Well…..saya rasa sudah banyak thread2 yg membagi2 ilmu pengetahuan seperti Lucid Dream, Meraga Sukma alias Astral Travel, dan thread2 lainnya yang menekankan akan pentingnya semua pelajar/ murid yg belajar untuk memiliki suatu buku catatan. Dalam Tarot dan magick pun hal memiliki buku catatan juga berlaku dan sangat dianjurkan.

Mengapa sangat dianjurkan?

Faktor paling utama adalah karena manusia memang pada dasarnya mudah lupa dalam menerima sesuatu ilmu. Semua pengetahuan yang kita dapatkan akan lebih mudah diingat apabila pengetahuan itu dicatat. Hal ini sebenarnya ditambah semakin mudah lupanya, karena kita sebagai manusia yg belajar baik tarot maupun magick, seringkali mendapat pengetahuan baru dari hal2 yg tidak terduga seperti:
– Mendapat inspirasi dari kumpul2 alias gathering baik sesama peminat tarot, maupun bidang2 lainnya
– Inspirasi yang didapat dari aktifitas sosial lain seperti jalan2, ketempat ibadah, nelp teman, dsb dsb
– Inspirasi didapat dari mimpi
– Inspirasi yang didapat dari intuisi dan suara2 dikepala kita, dan masih banyak lagi.

Kalau kita tidak mencatatnya, sudah bisa dipastikan memang kita tetap akan mengingat di bawah sadar kita namun sudah pasti 90% kita akan tidak ingat sama sekali di pikiran sadar kita.

Faktor lain yang juga penting adalah bahwa meskipun kita mendapat banyak ilmu pengetahuan dari buku2 dan teman2 lainnya, namun ilmu tersebut tidaklah saklek atau fix atau berlaku untuk semua orang. Ilmu pengetahuan yang kita dapat, seringkali harus kita rubah dan modifikasi sesuai keyakinan dan kepercayaan kita. Nah, disini catatan berperan sangat penting untuk menuliskan ilmu apa yang telah kita dapatkan berikut apa saja perubahan/ modifikasi yang kita buat agar sesuai dengan diri kita.

Percaya atau tidak, seiring dengan waktu, sebuah ilmu pengetahuan akan banyak mengalami modifikasi.

Sebagai contoh, saya sendiri sudah memodifikasi cara pembersihan diri sebelum meditasi sebanyak 5x dengan urutan timeline sebagai berikut:
– Tahun 2008: pembersihan yang saya lakukan berupa menaruh 4 kartu ace di 4 penjuru. Ace of wands didepan saya, cups di kanan, swords di belakang, pentacles di kiri saya.
– Tahun 2010 awal: sedikit perubahan dimana susunannya menjadi Ace of Wands didepan, cups dibelakang, swords di kanan, pentacles di kiri saya
– Tahun 2010 Juni: penambahan ritual dimana setelah meletakkan 4 kartu Ace dari Tarot, saya juga melakukan LBRP
– Tahun 2010 November: penambahan ritual lagi dimana setelah meletakkan 4 kartu Ace dari tarot, saya melakukan visualisasi bola putih, dan setelah itu LBRP.
– Tahun 2010 Desember: saya membagi menjadi 2 versi tergantung kebutuhan….

1. Versi ringkas: pembersihan cukup LBRP sambil digabungkan dengan visualisasi Bola Putih
2. Versi lengkap: pembersihan dengan 4 kartu Ace dari Tarot, LBRP, Visualisasi Bola Putih, dan affirmasi yang terbayang saat itu.

Ini baru hanya sekadar ritual pembersihan saja. Masih banyak bagian2 lain yg juga mengalami modifikasi. Bahkan bagi para tarot reader pun, mencatat hasil bacaan berikut interpretasinya juga menjadi suatu manfaat tersendiri.

Mengapa demikian? Karena baik anda sebagai tarot reader (secara khusus) maupun praktisi magick (secara umum), begitu anda membiasakan diri untuk mencatat dari awal anda memiliki tehnik sampai modifikasi2nya, anda akan melihat perkembangan diri anda sendiri. Anda akan terkejut bahwa ternyata pemahaman anda yang semula sederhana, bisa berkembang menjadi pemahaman yang sangat kompleks namun tetap terarah.

Segini dulu sharingnya. Semoga membantu.

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: