Analisa Tantangan dan Peluang Indonesia untuk 2022-2023 Menggunakan Astrologi, sebuah Solar Return Chart

Dalam sebuah tradisi astrologi, apabila seseorang akan berulang tahun  kita bisa memperkirakan berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi orang tersebut, salah satunya dengan menggunakan Solar Return chart; sebuah chart astrologi dimana kondisi matahari berada di titik yang sama persis dibandingkan saat dia lahir.

Dan sebentar lagi, Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaannya ke-77, di tanggal 17 Agustus 2022. Jadi, saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk membuat tulisan seputar Solar Return Indonesia untuk menganalisa kemungkinan peluang dan tantangan yang dia hadapi di waktu kedepannya.

Berikut gambar chart Solar Return Indonesia untuk tahun 2022.

Solar Return Chart 2022, Indonesia, Whole Sign House

Dan berikut akan saya analisa berbagai tantangan yang mungkin terjadi antara 17 Agustus 2022 – 16 Agustus 2023.

Kondisi Masyarakat Indonesia

Dari sisi masyarakat umum, tantangan utama yang dihadapi Indonesia, dapat kita lihat dari kondiri house 1 di Solar Return Chartnya, dimana kemungkinan ada 2:

  • Gerakan masyarakat yang sekilas terlihat melawan hukum/ institusi yang sudah mapan (seperti badan pemerintahan, ataupun perusahaan yang sudah berusia ‘tua’). Hanya saja gerakan ‘melawan’ ini seringkali dilandaskan karena ada semacam kekuatan institusi yang korup ataupun menyalahgunaan kekuasaannya.
  • Dalam kasus seperti ini, kepala pemerintahan juga sudah memberikan instruksi yang jelas mengenai langkah yang perlu dilakukan, dan instruksi tersebut juga pro dengan keinginan rakyat. Hanya saja instruksi tersebut, cenderung kurang dituruti oleh orang yang seharusnya menjalankan instruksi tersebut.

Dengan demikian, ketika kejadian -masyarakat melawan institusi mapan- ini terjadi, maka ada potensi terbongkarnya rantai komunikasi antara kepala pemerintahan dengan anak buahnya yang ternyata, justru berkonflik kepentingan dengan anak buahnya yang memiliki kepentingan sendiri – sendiri, tanpa peduli instruksi kepala pemerintahnya.

Sementara peluang utama yang dihadapi Indonesia di bagian kondisi masyarakatnya:

  • Masyarakat sangat suka dengan hiburan. Bisa dikatakan, berbagai kebijakan populer yang diambil, apabila di ‘cover’ dengan bahasa ataupun aktifitas yang bersifat hiburan, maka berbagai sifat anarkis yang muncul, justru menjadi berkurang jauh.
  • Bisa diartikan juga, hiburan menjadi faktor esensial dalam mengambil keputusan penting. Jadi, apabila badan pemerintah ataupun perusahaan ingin mendapatkan simpati masyarakat, bungkuslah kebijakan – kebijakan tersebut dengan aktifitas hiburan, ataupun buat lah kebijakan pro masyarakat yang membuat mereka bisa menikmati hiburan dengan lebih baik.

Contoh konkrit yang bisa dipertimbangkan seperti mempermudah mekanisme ijin dan penyelenggaraan konser musik, membuat kampanye wisata yang jelas dan terarah serta lebih mengayomi turis, ataupun membuat peraturan kementrian yang mempermudah masyarakat bisa mengekspresikan karya kreatif secara lebih mudah, serta mendapatkan keuntungan finansial dari hal tersebut.

Kondisi Agrikultur, Tambang, dan Partai Oposisi

Untuk melihat hal diatas, kita lebih fokus ke kondisi house 4 dari solar return chart diatas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kita semua untuk bidang ini :

  • Pihak oposisi akan cenderung menjadi lebih keras dalam mengkritik kebijakan pemerintah saat ini. Mungkin karena waktu pemilu yang semakin dekat, sehingga banyak pihak oposisi yang mencoba mencari berbagai kekurangan pemerintahan yang sekarang sebagai peluru kampanye mereka sendiri.
  • Kemungkinan besar yang akan ditonjolkan oleh pihak oposisinya, adalah penegakan hukum pemerintahan yang dinilai lemah dan kurang pro ke masyarakat, lepas dari apakah secara objektifnya, pemerintah sudah mencoba mengusahakan yang terbaik atau tidaknya.
  • Berbagai prosedur dalam pembangunan fasilitas publik, prosedur AMDAL dalam pertambangan maupun perlindungan lingkungan hidup, serta konflik dengan warga lokal, menjadi isu yang kerap kali akan digunakan oleh pihak oposisi nantinya.

Sementara peluang  yang bisa kita harapkan untuk Indonesia selama setahun kedepan, adalah hasil pertambangan dan pertanian yang sebenarnya berpotensi jauh lebih tinggi dari target secara riil. Hanya saja, sedikit peringatan, hasil bumi yang melimpah tersebut juga tidak menutup resiko untuk dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menimbun hasil bumi tersebut.

Hasilnya? Sebuah lagu lama yang sering kita dengar, yaitu potensi adanya kelangkaan hasil bumi yang ‘sengaja dibuat’ oleh berbagai pihak tersebut.

Kondisi Dunia Hiburan, Anak, Pendidikan, dan Moral di Indonesia.

Untuk melihat kondisi diatas, yang kita amati adalah kondisi dari house 5 nya itu sendiri.

Seperti yang sudah dibahas diatas, kondisi masyarakat Indonesia selama setahun kedepan, cenderung masih berkaitan erat dengan adanya hiburan – hiburan yang erat kaitannya dengan teknologi. Dengan tema yang sama (kemajuan teknologi) juga menjadi faktor pentik dalam dunia pendidikan termasuk cara membesarkan anak dan menentukan standard moral yang berlaku di negara Indonesia ini.

Alhasil, sangat dianjurkan untuk memberikan contoh moral dan budipekerti yang baik dengan menggunakan media yang sangat akrab di generasi sekarang: media sosial.

Peluang lainnya adalah, hiburan yang disuguhkan oleh masyarakat Indonesia sendiri, potensi dilirik oleh calon investor dari luar negeri, juga cenderung lebih besar daripada biasanya. Ini menjadi waktu yang sangat bagus untuk mempromosikan berbagai bentuk hiburan yang ada di Indonesia, lepas dari apakah bentuk hiburan tersebut berkaitan dengan mempromosikan budaya Indonesia atau individu.

Tantangan utama dalam setahun kedepan, yang saya analisa, ada 2:

  • Masyarakat Indonesia menjadi sangat reaktif akan sesuatu yang berkaitan dengan tindakan tidak bermoral/ berempati yang menyebar di media sosial, terutama sesuatu yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan keuntungan finansial 1-2 pihak tertentu saja.
  • Berbagai jasa teknologi yang berkaitan dengan hiburan terutama “permainan/ perdagangan menggunakan uang asli” juga semakin marak dan memiliki celah yang bisa dimanfaatkan agar tidak melawan hukum, meskipun secara moral memang masih dipertanyakan.

Contoh dari point ke-2 diatas adalah potensi masih maraknya berbagai giveaway dan sumbangan “palsu” ke orang yang membutuhkan, ataupun permainan dari program CSR yang ternyata setelah diaudit, tidak sampai ke target pihak yang membutuhkan/ merealisasikan kewajiban tanggung jawab sosialnya.  Ini juga bisa bermakna sebaliknya: karena masyarakat sudah jengah, ketika ada pihak yang secara tulus melakukan suatu tindakan sosial dan diviralkan (oleh pihak lain), justru mendapatkan cibiran dan hinaan dari netizen.

Kondisi Hukum, Religi, Ilmu Pengetahuan, dan Kekuatan Komersil Indonesia di Mata Dunia

Untuk melihat kondisi diatas, kita dapat mengamati kondisi house 9 nya. Dan dilihat dari kondisi house 9 nya, Indonesia tetap memiliki peluang yang tinggi di mata dunia untuk menjadi negara yang dianggap baik reputasinya dengan 2 syarat:

  • Perlahan – lahan, menekankan misi politik yang orientasinya ke sosial dan membantu negara – negara yang membutuhkan. Termasuk mengirimkan delegasi untuk hal yang berkaitan dengan agama, dan hukum.
  • Mempertahankan neraca perdagangan dan PDB Indonesia di angka pertumbuhan diatas rata – rata negara ASEAN lainnya.

Tantangan yang masih perlu diperhatikan untuk Indonesia, adalah potensi fenomena bertemakan religi/ agama yang kembali marak untuk dijadikan bahan hiburan semata, sekaligus untuk memperoleh keuntungan finansial yang sangat besar.

Kondisi Kepala Pemerintahan Indonesia

Untuk melihat kondisi kepala pemerintahannya, kita bisa melihat kondisi house 10nya. Dan dari kondisi tersebut, kita dapat menganalisa beberapa hal:

  • Permasalahan seputar konflik lahan, tambang, dan hutan, masih menjadi masalah yang cukup pelik bagi pemerintahan Indonesia. Karena meskipun hal tersebut, diperlukan untuk menjaga program pemerintah pusat, dalam pelaksanaannya, pihak oposisi cenderung menggunakan premis “rakyat sengsara karena lahan digusur negara” sebagai peluru untuk memenangkan suara partai oposisi di pemilu 2024.
  • Tekanan dari 2 pihak: masyarakat Indonesia sendiri yang sudah berasumsi negara sedang tidur, dan pihak luar negeri yang ingin memaksakan kepentingannya mereka ke Indonesia terutama dalam perdagangan, menjadi sangat kencang.

Dengan demikian, mempertahankan reputasi kepala pemerintahan memang menjadi tantangan yang sangat tinggi; selain karena masyarakat yang tidak mengetahui kejadian dibelakang layar kepala pemerintahan untuk terus membela masyarakat Indonesia, mereka sendiri sudah sering disusupi berbagai berita yang mendorong opini seakan – akan pemerintah abai. Diperkuat dengan dorongan dari luar negeri (terutama dari negara maju) untuk memaksakan kepentingan ekonominya ke Indonesia agar Indonesia bisa nurut dengan kebijakan mereka.

Kondisi Parlemen Indonesia

Untuk melihat kondisi parlemen Indonesia, kita perlu menganalisa kondisi house 11 nya. Dan khusus house 11, ada beberapa peluang dan tantangan yang dimana saya rasa, masyarakat perlu mengawalnya dengan baik:

  • Anggota parlemen (MPR dan DPR), berpotensi relatif mudah termakan hoax dan dipengaruhi oleh berbagai berita viral yang tendensius. Bahkan seringkali waktu mereka habis untuk menangani / menanggapi fenomena yang ternyata hoax tersebut.
  • Akan ada potensi beberapa anggota parlemen, ketahuan terlibat semacam skandal yang berkaitan dengan bisnis hiburan, yang kemudian dialihkan perhatian masyarakatnya melalui hal – hal yang berbau agama.

Kondisi Kiminalitas dan Institusi Sosial di Indonesia

Photo by Tom Fisk on Pexels.com

Untuk melihat kondisi tersebut, kita bisa menganalisa kondisi house 12 dari Solar Return chart tersebut. Saya menganalisa ada beberapa potensi/ tantangan yang patut untuk kita perhatikan:

  • Kelompok yang oposisi dengan pemerintahan, ada potensi untuk menggunakan pelaku kriminal untuk menjalankan rencana mereka dibalik layar. Jadi, sangat dianjurkan selama setahun kedepan, untuk pihak yang berwajib untuk meneliti dan menyelidiki sebuah kasus kriminal yang melibatkan figur politis yang oposisi dengan pemerintahan saat ini. Kenapa? Karena ada kemungkinan berbagai kasus yang menjurus ke kriminal tersebut ternyata sudah di setting oleh mereka sendiri sebelumnya, untuk menyebarkan isu negatif ke pemerintahan.
  • Kelompok oposisi cenderung akan menggunakan institusi sosial untuk menjalankan rencana kampanyenya, lepas dari apakah agenda tersebut bertujuan positif maupun negatif.
  • Khususnya industri kesehatan (termasuk rumah sakit) dan berbagai institusi yang berkaitan dengan therapi kesehatan jiwa, akan mengalami kenaikan pendapatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu, dikarenakan permintaan dari masyarakat yang juga lebih tinggi saat ini.

Kesimpulan

Dari uraian diatas, apabila kita rekap, terdapat beberapa peluang yang bisa kita gunakan maupun tantangan yang bisa kita persiapkan sebelumnya. Berbagai peluang tersebut diantaranya:

  • Industri hiburan yang meningkat pesat dibandingkan tahun lalu, karena sedang diminati oleh calon investor luar negeri.
  • Adanya peluang besar meningkatkan reputasi baik Indonesia di mata dunia melalui bantuan sosial
  • Industri berbau agama dan budaya juga masih diterima baik oleh masyarakat
  • Ada momentum baik untuk memperkenalkan moral dan budi pekerti ke masyarakat melalui media sosial dan berbagai berita positif lainnya.
  • Hasil bumi, baik pertambangan maupun pertanian dan perkebunan yang berpotensi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Sementara tantangan yang perlu dihadapi Indonesia meliputi:

  • Pihak oposisi dari pemerintahan yang berpotensi menggunakan segala cara untuk mendiskreditkan pemerintahan saat ini.
  • Kinerja parlemen yang berpotensi sangat terpengaruh dan reaktif akan berita yang ternyata hoax.
  • Peluang hiburan yang berkaitan dengan ‘manipulasi keuangan’ yang kembali populer dan marak dengan iming – iming keuntungan yang cepat, namun respon/ himbaruan dari lembaga terkait yang munculnya juga terlambat dan kurang komprehensif.
  • Rantai komunikasi kepala pemerintahan dengan kementrian yang sengaja dibuat kurang baik oleh beberapa kementrian itu sendiri.
  • Masyarakat cenderung apatis terhadap berbagai tindakan sosial yang tulus, akibat maraknya aktifitas sosial yang viral dan berbau penipuan di tahun sebelumnya.

Demikian analisa peluang dan tantangan Indonesia dengan menggunakan chart astrologi Solar Return untuk 17 Agustus 2022 nanti. Semoga informasi analisanya bermanfaat yah 🙂

Dan bagi yang ingin berkonsultasi dengan saya, Rendy Fudoh: Astrologer, bisa book jadwal via Whastapp di +62 8777 200 1885 .

About Rendy Fudoh

Tarot Reader , Astrologer , and Creative Project Maker. Whatsapp: +62 81808034145 / +62 8777 200 1885 Email : RendyFudoh@gmail.com

Posted on August 6, 2022, in Astrologi, Fudoh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: