Kartu Tarot Arkana Mayor : The Fool , Interpretasi dan Analisis

Dalam artikel ini, saya akan membahas lebih mendetail seputar setiap kartu Major Arcana berikut kaitannya dengan arketip astrologi.
The Fool dari Raider Waite Tarot

Kartu The Fool sendiri merupakan kartu nomor 0 dari Major Arcana. Dan kartu ini juga digunakan oleh para praktisi sebagai kartu acuan dalam berbagai metode seperti “meditasi dengan kartu The Fool”, melakukan refleksi dengan tebaran “The Fools Journey”, sampai mengosongkan cangkir mindset menggunakan visualisasi kartu The Fool, dan masih banyak lagi.

Interpretasi kali ini saya bagi menjadi 2, yaitu interpretasi umum dan kaitan dengan arketip Astrologi.

Makna Umum Kartu The Fool

Secara umum, kartu The Fool sendiri menunjukkan sisi bahagia dan keceriaan karena ketertarikan untuk menjalani suatu perjalanan yang baru. Kalau diumpamakan, rasa bahagia itu seperti anak – anak yang hendak melakukan perjalanan keesokan harinya, sehingga saking penasaran bagaimana hari esok akan terjadi, ia menjadi sangat sulit untuk tidur.

Saya rasa, rasa penasaran, kebahagiaan, semangat, dan juga ketertarikan akan permulaan yang baru itulah yang menjadi makna utama dari sebuah kartu The Fool.

Dalam gambar kartu tersebut, kita menemukan sosok orang yang berpakaian berbunga – bunga dan hendak mengembara. Dalam beberapa versi kartu tarot, digambarkan menyerupai sosok badut. Ekspresi yang ditunjukkan seringkali ekspresi ketenangan ataupun kepasrahan, tergantung dari sudut pandang kita dalam melihat gambar tersebut.

Makna umumnya, menunjukkan kondisi yang menunjukkan kembali ke masa anak – anak ataupun merespond situasi dengan pola pikir kembali ke anak – anak. Kondisi anak – anak yang dimaksud adalah kondisi pikiran yang bersih, cenderung polos, dan tertarik akan berbagai hal baru yang akan dia hadapi/ alami.

Sosok di gambar tersebut juga membawa tongkat dan kantong buntalan yang ukurannya cukup kecil. Sekaligus juga membawa bunya berwarna putih.

Kedua elemen tersebut bisa diinterpretasikan dimana tongkat dan kantong buntalan itu sebagai bekal perjalanan yang esensial saja. Bekal disini untuk konkritnya bisa bermacam – macam tentunya. Apakah kita sudah memiliki bekal fondasi dasar yang cukup untuk melakukan perjalanan baru berikutnya? Sementara bunga berwarna putih, juga bisa dimaknai sebagai sesuatu yang perlu dijaga dengan hati – hati. Karena layaknya bunga putih yang terlihat cantik, namun rapuh, mudah rusak, dan mudah kotor. Apakah hal yang perlu kita jaga dengan sangat berhati – hati dalam melakukan perjalanan yang baru tersebut?

Selain itu, simbol anjing berwarna putih, dapat menunjukkan teman / rekan perjalanan yang menemani kita selama perjalanan. Mungkin dalam perjalanan baru tersebut, kita akan menemukan orang baru atau berbagai hal yang menarik, dan secara tidak langsung, justru membantu perjalanan kita.

Sosok orang yang berjalan di tepi jurang pun, dapat menunjukkan orang tersebut memiliki iman yang kuat karena jalan kedepannya akan dirasa baik – baik saja. Hanya saja, tergantung pertanyaan dan intuisi kita juga, kondisi jurang juga bisa menunjukkan bahaya yang mungkin tidak kita sadar. Kok bisa? Sosok orang itu berjalan dengan riang, mata melihat ke langit sehingga ia tidak sadar akan jalan didepannya yang tampak ‘terputus’. Makna mana yang sebaiknya digunakan?

Pemandangan hutan berwarna biru di cakrawala dapat menunjukkan keindahan secara umum, sekaligus ‘batasan’ atas pandangan kita karena hutan di cakrawala tersebut juga menghalangi pandangan kita akan hamparan setelahnya bukan?

Langit yang berwarna kuning dapat dimaknai sisi keceriaan dan sisi anak – anak yang suka bermain dan optimis. Sementara sinar matahari mensimbolkan perjalanan yang sudah dibuat terang oleh alam itu sendiri, sehingga kita bisa melihat gambaran perjalanan yang akan kita tempuh…, sejauh indera dan persepsi kita sebagai manusia mampu untuk melihatnya.

Kaitan Dengan Arketip Astrologi

The Fool sendiri, merupakan kartu yang memiliki arketip Astrologi planet Uranus. Uranus sendiri dalam astrologi, merupakan planet yang memimpin zodiak Aquarius. Aquarius sendiri diwakili oleh kartu The Star.

Uranus

Uranus sendiri dalam astrologi, digambarkan sebagai planet yang memancarkan energi pemberontakan maupun perubahan yang secara tiba – tiba. Kata kunci re-invensi atau menemukan ulang juga sering digunakan, berikut kata kunci sebagai penemuan baru, berjuang melawan arus demi kebenaran, ataupun kemajuan teknologi yang mendapat tentangan dari pihak – pihak tertentu.

Energi melawan arus ataupun perubahan yang sifatnya tiba – tiba dan diluar dugaan, menjadi sangat erat dengan kartu The Fool, terutama karena sisi “tidak terbaca” atau “diluar dugaan” tersebut. Layaknya orang yang hendak melakukan perjalanan baru, apapun yang kita hadapi, kemungkinan besar akan diluar ekspektasi ataupun yang kita pahami saat itu. Sisi beradaptasi sesuai dengan kondisi yang dilakukan terus – menerus juga menjadi ciri khas energi uranus yang erat kaitannya dengan makna kartu The Fool itu sendiri.

Uranus juga mewakili peluang untuk belajar akan hal – hal baru. Berbeda dengan planet Merkuri yang lebih menekankan belajar secara detail dan menggunakan semua metode yang ada, Uranus justru lebih menekankan sisi belajar yang cepat dan spontan serta melihat berbagai perubahan didepan mata sebagai peluang untuk belajar hal yang baru, saat itu juga. Sikap yang tidak bisa ditebak untuk mempelajari kondisi yang juga tidak tertebak di planet Uranus, sangat erat kaitannya dengan makna dari kartu The Fool.

Uranus yang memimpin zodiak Aquarius, zodiak yang memang dikenal melawan arus, dan juga zodiak yang dikaitkan dengan kartu The Star, dapat diartikan sebagai kartu The Fool sebagai fondasi dasar untuk mencapai kartu The Star.

Maksudnya apa? Secara simbolis, sikap untuk terbuka dan ingin terus belajar hal baru (The Fool), akan menjadi fondasi yang kuat dalam mewujudkan berbagai harapan/ impian yang kita inginkan (The Star). Atau mungkin arti lainnya, apabila kita ingin memperoleh apa yang kita inginkan (The Star), mungkin kita perlu mencoba melakukan berbagai pendekatan yang baru/ berbeda untuk mencapai hal tersebut (The Fool).

Untuk konsultasi Tarot maupun Astrologi, bisa book jadwal via chat WhatsApp di +62 81 8080 34 145 .

About Rendy Fudoh

Tarot Reader , Astrologer , and Creative Project Maker. Whatsapp: +62 81808034145 / +62 8777 200 1885 Email : RendyFudoh@gmail.com

Posted on November 27, 2022, in Fudoh and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: